Header Ads

Himpaudi Jayaa

Himpaudi Gresik Ajak Orang Tua Didik Anak Gunakan 5 S



Wabup Moh. Qosim bersama ribuan warga menabuh kentongan bersamaan di tepi Pantai Delegan Kecamatan Panceng, kemarin. Didampingi istrinya, Hj. Zumrotus Sholihah, orang nomor dua di Pemkab Gresik ini mengajak ribuan ibu secara bersamaan membunyikan kentongan dan melakukan senam bersama.

Kegiatan ini untuk menandai Gerakan Daerah Parenting anak berkualitas (Gardapatas) yang digagas oleh Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Gresik.

Ribuan warga itu membawa serta anak mereka yang masih duduk di PAUD serta siswa Taman Kanak-kanak (TK) dari seluruh wilayah di Kabupaten Gresik.

Ketua Himpaudi Gresik, Dewi Azmin, menjelaskan bahwa Gardapatas adalah gerakan nasional yang juga dilaksanakan di seluruh Indonesia. “Di Gresik kami laksanakan kegiatan ini bertepatan dengan pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional dalam satu rangkaian," jelasnya.

Himpaudi mengajak kepada para orang tua agar mendidik dengan melaksanakan 5 S, yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun. Selanjutnya, orangtua harus mengecup kening anaknya menjelang tidur. Juga, mengantar anak ke sekolah minimal dua kali dalam se-mingg, serta meluangkan waktu untuk bersama anak minimal 30 menit dalam sehari.

Yang kelima, mematikan HP dan TV saat jam belajar yaitu jam 18.00 -19.00 WIB.

Sementara Wabup dalam sambutannya mengajak kepada orang tua yang hadir mendampingi anaknya untuk selalu memperhatikan anaknya sejak masih kecil. “Pendidikan anak oleh orang tua di rumah itu sangat penting untuk mendasari pendidikan selanjutnya. Saya kira, Program Gardapatas ini bukan hal yang baru. Aksi ini adalah hal yang umum dan biasa kita laksanakan sehari-hari. Pencanangan Gardapatas ini sekedar untuk merefresh kembali, barangkali kita lupa," terangnya.

Sumber : BangsaOnline.com

No comments