Header Ads

Himpaudi Jayaa

Wabup Qosim Pimpin 10 Ribu Tabuh Kentongan Memulai Garda Patas



Di tepi Pantai Delegan Panceng Gresik Jawa Timur, Wakil Bupati Gresik, Dr. Mohammad Qosim didampingi isterinya yang juga ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Gresik, mengajak 10 ribu orang membunyikan kentongan dan melakukan senam bersama. Kegiatan ini untuk menandai Gerakan Daerah Parenting anak berkwalitas (Gardapatas) yang digagas oleh Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Gresik pada Selasa Kemarin.

Mereka ada seluruh para anak-anak dari PAUD serta siswa Taman Kanak-kanak dari seluruh Wilayah di Kabupaten Gresik. “Tentu saja tak hanya anak-anaknya yang berjumlah empat ribu anak. Kehadiran anak-anak tersebut diuikuti oleh orang tuanya yang juga berjumlah empat ribu orang” ujar Ketua Himpaudi Gresik Dewi Azmin kepada Kabag Humas Suyono, pada Rabu pagi (4/5) di kantor humas.

Menurutnya, gardapatas ini adalah gerakan Nasional yang juga dilaksanakan di seluruh Indonesia. “Di Gresik kami laksanakan kegiatan ini bertepatan dengan pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional dalam satu rangkaian” ungkap Dewi Azmin. “Disini Wakil Bupati Gresik, seluruh anak-anak beserta orang tuanya dan seluruh pendidik yang tergabung dalam Himpaudi Gresik bersama-sama membunyikan ketongan yang terbuat dari bamboo secara serentak” tambahnya.

Ada 5 gerakan yang akan digalakkan Himpaudi kepada para orang tua anak, yaitu agar orang tua mendidik anaknya untuk melaksanakan 5 S yaitu, Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun. Selanjutnya orangtua harus mengecup kening anaknya menjelang tidur. Mengantar anak ke sekolah minimal dua kali dalam seminggu. Meluangkan waktu untuk bersama anak minimal 30 menit dalam sehari. Yang kelima mematikan HP dan TV saat jam belajar yaitu jam 18.00 -19.00

Wakil Bupati Gresik dalam sambutannya mengajak kepada orang tua yang hadir mendampingi anaknya untuk selalu memperhatikan anaknya sejak masih kecil. “Pendidikan anak oleh orang tua dirumah itu sangat penting untuk mendasari pendidikan selanjutnya. Saya kira, Program Gardapatas ini bukan hal yang baru. Aksi ini adalah hal yang umum dan biasa kita laksanakan sehari hari, Pencanangan Gardapatas ini sekedar untuk merefresh kembali, barangkali kita lupa” ungkapnya.

Sumber : GresikKab.go.id

No comments